Home » Tata Cara Membangun Karakter Anak bangsa melalui peserta didik

Menurut (Ditjen Mandikdasmen – Kementerian Pendidikan Nasional), Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.

W.B. Saunders, (1977: 126) menjelaskan bahwa karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu, sejumlah atribut yang dapat diamati pada individu.

Berperilaku dengan baik harus dibangun sejak dini dan dijadikan sebagai sebuah kebiasaan yang dapat menjadi akhlak yang melekat pada setiap orang. oleh karena itu, lembaga pendidikan dan keluarga merupakan tempat utama dalam pembentukan karakter anak-anak yang nantinya akan menjadi penerus bangsa ini.

Mengingat Pentingnya pembentukan karakter bangsa, Kementerian Pendidikan terus menyusun program pendidikan dala upaya meningkatkan kualitas generasi muda untuk menjadi manusia dengan karakter yang sangat baik dan peduli terhadap nusa dan bangsa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *