Home » Gema Muharram Musabaqah: Lomba Santri Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb 1442 H

Pada Rabu, 16 September 2020, dini hari, pergelaran lomba Muharram 1442 H antar santri Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb yang dipimpin oleh Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop telah resmi ditutup. Penutupan rangkaian lomba yang beragam tersebut disertai dengan bacaan Dalailul Khairat oleh ribuan santri, serta dilangsungkannya Pelantikan Pengurus Baru Dayah setempat.

Rais ‘Am Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb, yaitu Tgk Ihsan Muhammad Ja’far, dalam momen tersebut, menyatakan bahwa festival Gema Muharram Musabaqah di Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb merupakan acara yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan semangat belajar para santri dalam setiap acara rutin tahunan setelah ujian akhir semester.

Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan para santri dapat mengasah potensi kreatif mereka dan semakin bersemangat dalam proses belajar. Semua rangkaian acara ini mencerminkan komitmen Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb dalam memberikan pendidikan yang holistik dan memupuk semangat keilmuan di kalangan para remaja muslim.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia PHBI Gema Muharram Musabaqah di Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb, yaitu Tgk Faizin, menjelaskan berbagai lomba yang diadakan. Lomba-lomba tersebut antara lain:

  1. Lomba Qira’atul Kutub (baca kitab) dengan kategori penilaian yang mencakup penempatan baris yang sesuai dengan ilmu nahu dan saraf, makna/terjemahan, surah, atau penjelasan materi, dan jawaban atas pertanyaan dari dewan hakim. Kitab-kitab yang dilombakan dalam lomba baca kitab adalah Kitab Al Mahalli, Ianathutthalibin, Al Bajuri, dan Matan Taqrib.
  2. Lomba Hafalan, di mana peserta diuji hafalan dari beberapa kitab, seperti Beit Al Fiyah, Baet Sulam Munaurat (mantiq), Baet Qamsatun Mutun, dan Matan Aljurumiah.
  3. Lomba Pidato untuk tingkat Tsanawiyah (SMP) dan Aliyah (SMA).
  4. Lomba Fahmil Kutub (cerdas cermat), di mana peserta diuji dalam pemahaman dan pengetahuan tentang kitab-kitab tertentu.
  5. Lomba Nasyid Grup/Tunggal (umum), yaitu lomba menyanyikan lagu-lagu Islami secara solo atau dalam grup.
  6. Lomba Hafiz 1 Juz Al Qur’an (umum), di mana peserta diuji atas hafalan mereka dalam menghafal satu Juz dari Al Qur’an.

Acara tersebut juga disiarkan langsung oleh Radio Yadara FM Jeunieb 92.8 MHz dan Radio Mutiara FM Beureunuen 106.8 MHz.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong semangat belajar dan kreativitas di kalangan santri Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb. Para peserta dapat menunjukkan kemampuan mereka dalam membaca, menghafal, berpidato, serta menyanyikan nasyid secara Islami. Semoga acara ini menjadi momen yang bermanfaat dan menginspirasi bagi para remaja Muslim.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *